EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PASIEN PASCA OPERASI PADA UNIT KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH

Authors

  • Triana Arisdiani Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal Author
  • Ahmad Asyrofi Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal Author

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Multimedia, Kepatuhan Pasien, Pasca Operasi, Keperawatan Medikal Bedah

Abstract

Perawatan pasca operasi yang efektif sangat penting untuk mencegah komplikasi dan memastikan pemulihan optimal. Namun, banyak pasien mengalami kesulitan dalam mematuhi instruksi pasca operasi karena kurangnya pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendidikan kesehatan berbasis multimedia dalam meningkatkan kepatuhan pasien pasca operasi pada unit keperawatan medikal bedah. Desain kuasi-eksperimental digunakan, melibatkan kelompok kontrol yang menerima pendidikan tradisional dan kelompok eksperimen yang terpapar pendidikan multimedia, termasuk video interaktif dan animasi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test serta observasi langsung terhadap kepatuhan pada panduan pasca operasi. Hasil menunjukkan peningkatan kepatuhan sebesar 35% pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan 15% pada kelompok kontrol. Retensi pengetahuan dan motivasi pasien secara signifikan lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Studi ini merekomendasikan integrasi pendidikan multimedia ke dalam protokol perawatan pasien untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan, sehingga meningkatkan hasil pemulihan pasien.

References

Abed, M. A., Khalaf, I., Moser, D. K., & Cary, M. P. (2022). Effectiveness of health education interventions in improving medication adherence in patients with cardiovascular diseases: A systematic review. International Journal of Nursing Studies, 126, 104115. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2022.104115

Banna, H., & Chaudhry, A. M. (2021). Multimedia in patient education: An updated review on the impact of technology-driven education tools. Journal of Patient Education and Counseling, 104(8), 1823-1830. https://doi.org/10.1016/j.pec.2021.04.002

Bastable, S. B. (2019). Nurse as educator: Principles of teaching and learning for nursing practice (5th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Berwick, D. M. (2016). Era 3 for medicine and health care. JAMA, 315(13), 1329-1330.

Castaneda, J. A., & Cifuentes, L. (2022). Using multimedia tools to enhance patient engagement and health outcomes: A meta-analysis. Health Communication Research, 47(3), 275-291. https://doi.org/10.1080/10410236.2022.1996671

Clark, C., & Mayer, R. (2021). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (5th ed.). Wiley.

Falvo, D. R. (2010). Effective patient education: A guide to increased adherence (4th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Gibson, B., & Patterson, K. (2020). Interactive multimedia education in surgical recovery: Addressing literacy and comprehension barriers. Journal of Surgical Research, 256, 349-355. https://doi.org/10.1016/j.jss.2020.06.012

Hibbard, J. H., & Greene, J. (2021). What the evidence shows about patient activation: Better health outcomes and care experiences. Health Affairs, 40(6), 903-913. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2021.00154

Lohr, L. N. (2022). Visualizing patient education: The role of multimedia in conveying complex medical concepts. Journal of Visual Communication in Medicine, 45(4), 233-244. https://doi.org/10.1080/17453054.2022.2083559

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

McCormack, B., & McCance, T. (2021). Delivering person-centered care through technology: Insights from nursing practice. Journal of Advanced Nursing, 77(8), 3365-3376. https://doi.org/10.1111/jan.14758

Nelson, R. (2021). Enhancing adherence in postoperative patients through digital interventions: A systematic review. Digital Health Journal, 7, 1-12. https://doi.org/10.1177/20552076211043723

Rodrigues, A., & Sousa, R. (2022). Multimedia interventions in patient education: Effectiveness, challenges, and future directions. Journal of Health Education Research & Development, 37(5), 523-537. https://doi.org/10.1093/her/dcac033

Sousa, R. M., & Rodrigues, A. P. (2020). Patient education and its implications for health literacy. Journal of Nursing Education and Practice, 10(1), 23-29.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PASIEN PASCA OPERASI PADA UNIT KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH. (2024). Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan, 1(4), 35-39. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jikk/article/view/60

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>