PENGENALAN KARAKTER KOMUNIKASI ANAK USIA DINI BAGI GURU TK PL ST. PIUS X KARTINI SEMARANG

Authors

  • Tarcisia Sri Suwarti Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang Author
  • Troeboes Troeboes Fakultas Hukum, Universitas PGRI Semarang Author
  • Siti Lestari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang Author
  • Muhammad Wahyu Widiyanto Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Karakter, Komunikasi, Anak Usia Dini, Guru

Abstract

Komunikasi baik dapat menciptakan suatu interaksi positif antara individu satu dengan yang lain. Kemampuan berkomunikasi bukan hanya perlu dimiliki oleh orang dewasa namun juga oleh anak usia dini. Orangtua dan guru berperan penting dalam membimbing siswa terutama pada saat mereka berada pada usia dini. Komunikasi antara siswa laki laki dan perempuan juga memiiki perbedaaan sehingga mempengaruhi daya tangkap dan gaya komunikasi yang berbeda pula. Tim Pelaksana mengadakan pelatihan serta pendampingan pengenalan karakter komunikasi anak usia dini kepada para Guru TK PL St. Pius X Kartini Semarang. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini diselenggarakan dengan langkah-langkah: 1) Sosialisasi. Sosialisasi ini diberikan kepada para Guru TK PL St Pius X Kartini Semarang tentang karakter cara berkomunikasi; 2) Pelatihan. Tim Pelaksana memberikan pelatihan kepada para Guru TK PL St Pius X Kartini Semarang tentang karakter komunikasi anak usia dini; 3) Pendampingan. Pendampingan diberikan sehubungan dengan pengenalan karakter komunikasi anak usia dini baik laki laki maupun perempuan di dalam kelas. Hasil dari kegiatan ini adalah kompetensi penguasaan cara berkomunikasi guru sesuai karakter anak usia dini di dalam kelas meningkat.

References

Afifah F. N., D. (2022). “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online melalui Strategi Komunikasi Efektif Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2356–1327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1615

Baharuddin. (2022). “Membangun Komunikasi Efektif Dalam Penerapan Nilai-Nilai Agama Pada Anak”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(2), 17–32. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4771/350

Eva M, N. (2023). “Membangun Komunikasi Efektif Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Di Smk Samudera Buana Langkaplancar”. Jurnal Literasi Unggulan Ilmiah, 1(1), 24–31.

Essa, E. 2009. Early Childhood Education Annotated Student’s edition, Sixth Edition. USA: Wadswort.

Faisal V, A. (2019). “Implementasi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Rumah Citta Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan, 20(1), 1–20. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/1051

Hamidah, J. 2019. “Pola Asuh Orang Tua terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini (Kajian Pragmatik). I91).

Kartini, Tintin. 2018. “Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD”. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2) September 2018 – 74

Rima Ivana, D. K. (2023). Komunikasi Efektif Dengan Pendekatan Psikologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 351–363

Rohmah, U. 2018. Pengembangan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. Https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41.06

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tarigan, H.G. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa 2. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-11-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGENALAN KARAKTER KOMUNIKASI ANAK USIA DINI BAGI GURU TK PL ST. PIUS X KARTINI SEMARANG. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 1-5. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jupe/article/view/43