IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 TANJUNG
Keywords:
Implementasi Profil Pelajar Pancasila, Teks Laporan Hasil Observasi, Peserta DidikAbstract
Pemanfaatan profil pembelajar Pancasila untuk menganalisis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA N 1 Tanjung adalah tujuan dari studi ini. Jenis riset yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Studi ini dilaksanakan di SMA N 1 Tanjung. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dipakai untuk menghimpun data studi ini. Studi ini memakai 36 siswa dari kelas X.4 SMA N 1 Tanjung sebagai sumber data. Dokumentasi, wawancara, dan observasi adalah metodologi yang dipakai untuk mendapatkan data. Metodologi analisa data studi ini dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan studi memperlihatkan bahwa siswa merasa mudah untuk menggunakan profil pelajar Pancasila saat menganalisis isi laporan observasi SMA N 1 Tanjung karena instruktur secara konsisten memberikan bimbingan kepada mereka. Penerapan profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa kualitas kreativitas, pemikiran kritis, kemandirian, keragaman global, kerja sama timbal balik, kepercayaan pada Tuhan, dan karakter mulia adalah penting. Meskipun telah ada beberapa hasil yang bermanfaat dari implementasi, termasuk pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip profil pelajar Pancasila, masih ada masalah dalam meningkatkan keterlibatan pelajar dan mendorong pengembangan kemampuan khusus, seperti kemandirian dan pemikiran kritis. Guru memiliki pemahaman tentang teks sebagai konteks yang memiliki makna, sesuai dengan temuan studi tentang pemahaman teks.



















