PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA MA’ARIF KARANGAWEN
Keywords:
Penerapan, Model Pembelajaran Inkuiri, Teks AnekdotAbstract
Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Ma’arif Karangawen. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dengan guru di SMA Ma’arif Karangawen karena siswa kurang tertarik pada keterampilan menulis khususnya materi menulis teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menulis teks anekdot kelas X SMA Ma’arif Karangawen tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini melibatkan kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif (metode campuran). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Penyajian data dilakukan secara formal dan informal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat diterapkan dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas X E2 dan X E4 SMA Ma’arif Karangawen tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil wawancara dan angket, peserta didik dapat megikuti dan memahami pembelajaran dengan baik, masalah yang didiskusikan juga membantu peseta didik dalam menulis teks anekdot. Hasil observasi dalam penelitian ini juga menunjukkan peserta didik aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung. Sesudah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbukti peserta didik lebih bisa berpikir kritis dan kreatif, serta nilai peserta didik naik diatas KKM. Peserta didik juga lebih mudah menemukan ide baru untuk membuat sebuah teks anekdot.



















