PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG HIV/AIDS MELALUI PROGRAM EDUKASI KESEHATAN DI SOLO
Keywords:
Pengetahuan, HIV/AIDS, Edukasi KesehatanAbstract
Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) masih menjadi masalah kesehatan global, termasuk di Indonesia. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS melalui edukasi berbasis komunitas. Melalui pendekatan interaktif, peserta memperoleh pemahaman mengenai penyebab, penularan, pencegahan, dan stigma seputar HIV/AIDS. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti program. Program ini memberikan dampak positif terhadap pengurangan stigma dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan HIV/AIDS.
References
Burhanuddin, D., Jati, H. M., & Sulastri, S. (2020). Evaluasi program edukasi HIV/AIDS berbasis komunitas di daerah perkotaan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(3), 75-83.
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2022). HIV Basics. Retrieved from https://www.cdc.gov/hiv/basics/whatishiv.html
Centers for Disease Control and Prevention. (2022). HIV Basics. Retrieved from https://www.cdc.gov/hiv/basics/whatishiv.html
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Laporan situasi HIV/AIDS di Indonesia 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Ministry of Health Republic of Indonesia. (2021). Laporan situasi HIV/AIDS di Indonesia 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Riono, P. (2019). Pendidikan kesehatan tentang HIV/AIDS: Pendekatan berbasis komunitas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(2), 120-128.
Riono, P. (2019). Pendidikan kesehatan tentang HIV/AIDS: Pendekatan berbasis komunitas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(2), 120-128.
UNAIDS. (2022). Global AIDS Update 2022. Retrieved from https://www.unaids.org/en/resources/documents/2022/global-aids-update
World Health Organization (WHO). (2020). HIV/AIDS: Key facts. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hiv-aids
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.