PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN LUKA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN INFEKSI LUKA

Authors

  • Dewi Damayanti Prodi DIII Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti, Bandar Lampung Author
  • Anik Inayati Prodi DIII Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panca Bhakti, Bandar Lampung Author

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Perawatan Luka, Pengetahuan, Keterampilan, Pencegahan Infeksi Luka

Abstract

Perawatan luka yang efektif sangat penting dalam mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Namun, banyak masyarakat, terutama di daerah pedesaan atau terpencil, kurang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai praktik perawatan luka yang benar. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai teknik perawatan luka, termasuk cara pembersihan luka, penggunaan perban yang tepat, dan pencegahan infeksi. Program ini dilaksanakan melalui workshop dan demonstrasi langsung di desa X. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan peserta tentang perawatan luka, dengan 85% peserta melaporkan meningkatnya rasa percaya diri dalam merawat luka sederhana di rumah. Program ini menekankan pentingnya pendidikan kesehatan untuk mengurangi angka infeksi dan mempromosikan praktik kesehatan berbasis masyarakat.

References

Gulnaz, A., et al. (2020). Effectiveness of skill-based training in health education: A case study of wound care practices in rural communities. Journal of Health Education, 35(3), 178-186.

Hardjono, A. (2017). Perawatan Luka dan Pencegahan Infeksi. Jakarta: Penerbit Kesehatan.

Knowles, M. (2015). The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy. New York: Association Press.

Nasir, M., et al. (2021). Access to wound care supplies and its impact on patient outcomes in remote areas. International Journal of Public Health, 12(2), 110-118.

Prasetyo, H. (2018). Teknik Perawatan Luka Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Salim, A., & Suryani, E. (2020). Pendidikan Kesehatan untuk Masyarakat: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Kesehatan.

Schunk, D. H. (2016). Learning Theories: An Educational Perspective (7th ed.). Boston: Pearson.

World Health Organization (WHO). (2019). World Health Organization: Wound Care Guidelines. Geneva: World Health Organization.

World Health Organization (WHO). (2020). Wound Care and Infection Prevention: Global Guidelines. Geneva: World Health Organization.

World Health Organization. (2021). Hypertension. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension

Downloads

Published

2025-02-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN LUKA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN INFEKSI LUKA. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7), 10-13. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jupe/article/view/91