INOVASI PROGRAM PENGAJARAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEMARANG
Keywords:
Pendidikan bahasa, Inovasi pengajaran, Kompetensi guru, Teknologi pendidikan, Pengembangan kurikulumAbstract
Pendidikan bahasa memainkan peran krusial dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, dan pemahaman siswa. Di Kota Semarang, berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan metode pengajaran yang kurang inovatif mempengaruhi kualitas pendidikan bahasa. Program pengabdian masyarakat yang berfokus pada inovasi pengajaran bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah Semarang. Program ini melibatkan pelatihan intensif bagi guru, pengembangan kurikulum berbasis proyek, integrasi teknologi dalam pembelajaran, dan pemberdayaan komunitas lokal. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi mengajar guru, keterlibatan siswa, dan penggunaan teknologi. Evaluasi program menunjukkan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran bahasa di sekolah-sekolah Semarang. Dukungan berkelanjutan dari pemerintah dan komunitas pendidikan diharapkan dapat memperkuat keberhasilan program ini dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
References
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291-309.
Epstein, J. L., & Sanders, M. G. (2006). Connecting home, school, and community: New directions for social research. Handbook of the Sociology of Education, 285-306.
Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.
Rosen, Y., & Beck-Hill, D. (2012). Intertwining digital content and a one-to-one laptop environment in teaching and learning: Lessons from the time to know program. Journal of Research on Technology in Education, 44(3), 225-241.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.