INOVASI PELATIHAN GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH-SEKOLAH KENDAL

Authors

  • Ms. Viktor Purhanudin Universitas Islam Negeri Salatiga Author

Keywords:

Inovasi Pelatihan Guru, Kualitas Pembelajaran, Sekolah

Abstract

Pelatihan guru merupakan salah satu strategi krusial dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kendal. Melalui program pengabdian masyarakat yang berfokus pada inovasi pelatihan guru, telah dilakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran di sekolah-sekolah Kendal. Program ini mencakup berbagai kegiatan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan aktual dan tantangan yang dihadapi oleh para pendidik di daerah tersebut. Kegiatan meliputi pembelajaran tentang strategi pengajaran inovatif, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta penguasaan materi pelajaran terbaru. Para peserta pelatihan tidak hanya berasal dari guru-guru tetap di sekolah-sekolah, tetapi juga melibatkan pengajar tamu dan para ahli bidang pendidikan dari luar daerah. Hasil dari inovasi pelatihan guru ini terlihat dalam peningkatan aktivitas pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan kurikulum nasional. Evaluasi dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berorientasi pada hasil belajar siswa. Dengan adanya dukungan yang berkelanjutan dari pemerintah daerah dan komunitas pendidikan, inovasi pelatihan guru di Kabupaten Kendal diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.Artikel lengkap tentang inovasi pelatihan guru ini menguraikan detail program, metode evaluasi, dan dampak yang telah dihasilkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah Kabupaten Kendal.

References

Anderson, R. E., & Becker, H. J. (2018). Integrating technology into the classroom. Journal of Educational Technology, 45(2), 213-230.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues, and Ideas, 83(2), 39-43.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute.

Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational researcher, 38(3), 181-199.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2021). Materi Pelajaran Terbaru. Diakses dari [link].

Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching, 8(3), 381-391.

Hodges, C., Moore, S., Lockee, B., Trust, T., & Bond, A. (2020). The difference between emergency remote teaching and online learning. Educause Review, 27.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational researcher, 38(5), 365-379.

Johnson, S. M. (2020). Improving educational outcomes through teacher professional development. Educational Review, 72(1), 1-18.

Joyce, B., & Showers, B. (2002). Student achievement through staff development. ASCD.

Jurnal Pendidikan Teknologi. (2022). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Diakses dari [link].

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Strategi Pengajaran Inovatif. Diakses dari [link].

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels. Berrett-Koehler Publishers.

Knight, J. (2007). Instructional Coaching: A Partnership Approach to Improving Instruction. Corwin Press.

Krueger, R. A., & Casey, M. A. (2015). Focus Groups: A Practical Guide for Applied Research. Sage Publications.

Laporan Evaluasi Pendidikan. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru. Diakses dari [link].

Marzano, R. J. (2012). Becoming a Reflective Teacher. Solution Tree Press.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. Sage Publications.

Smith, K. (2019). Innovative teaching strategies in higher education. International Journal of Educational Innovation, 10(3), 45-60.

Studi Kasus Sekolah Dasar Kendal. (2023). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran. Diakses dari [link].

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

INOVASI PELATIHAN GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH-SEKOLAH KENDAL. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 10-16. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jupe/article/view/32