PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTIK KEPERAWATAN PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Simulasi, Keterampilan Praktik, Mahasiswa Keperawatan, Pendidikan Keperawatan, Pembelajaran KlinisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis simulasi terhadap peningkatan keterampilan praktik keperawatan pada mahasiswa keperawatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan kelompok kontrol yang melibatkan dua kelompok mahasiswa keperawatan dari sebuah perguruan tinggi kesehatan. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran berbasis simulasi, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis simulasi mengalami peningkatan keterampilan praktik yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis simulasi dapat meningkatkan keterampilan praktik keperawatan mahasiswa, yang penting untuk kesiapan mereka dalam praktik klinis. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis simulasi dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pendidikan keperawatan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan di dunia kerja.