PENGARUH PODCAST EDUKASI BERBAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MAHASISWA

Authors

  • Dodi Rahmat Universitas Esa Unggul Author
  • Fahrudin Fahrudin Universitas Esa Unggul Author
  • Nilam Nilam Universitas Esa Unggul Author

Keywords:

Podcast, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia, Pendidikan Tinggi, Teknologi Pembelajaran Bahasa

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh podcast edukasi berbahasa Indonesia terhadap keterampilan menyimak mahasiswa di pendidikan tinggi. Menggunakan desain kuasi-eksperimen, dua kelompok mahasiswa diobservasi selama empat minggu. Kelompok eksperimen menggunakan episode podcast yang dikurasi sesuai dengan topik akademik, sedangkan kelompok kontrol menggunakan materi audio tradisional. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman menyimak, penguasaan kosakata, dan keterampilan mencatat pada kelompok eksperimen. Penelitian ini mendukung penggunaan podcast sebagai media pembelajaran dalam pengajaran bahasa.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PODCAST EDUKASI BERBAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MAHASISWA. (2025). Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 2(1), 32-36. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jumps/article/view/133