PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA RAKYAT DIGITAL DALAM MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Adrianus Adrianus Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Pancasila Author

Keywords:

Cerita Rakyat Digital, Apresiasi Sastra, Pendidikan Dasar, Cerita Interaktif, Sastra Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berbasis cerita rakyat digital dalam meningkatkan apresiasi sastra siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terhadap 24 siswa kelas V. Kegiatan pembelajaran mengintegrasikan platform cerita digital yang interaktif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan hasil karya siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan dalam keterlibatan, pemahaman, dan penafsiran nilai-nilai sastra. Temuan ini menunjukkan bahwa cerita rakyat digital dapat menjadi media efektif dalam menumbuhkan kepekaan sastra sejak usia dini.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA RAKYAT DIGITAL DALAM MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR. (2025). Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 2(1), 27-31. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jumps/article/view/132