PENGGUNAAN APLIKASI AI GENERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI MAHASISWA: STUDI EKSPLORATIF PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Authors

  • Muhti Setia Teknologi Pendidikan Author
  • Zaenul Rohman Teknologi Pendidikan Author

Keywords:

AI Generatif, Penulisan Esai, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Tinggi, Penilaian Menulis

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan aplikasi AI generatif terhadap kemampuan menulis esai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat perguruan tinggi. Metode penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan melibatkan 30 mahasiswa yang memanfaatkan aplikasi asisten menulis berbasis AI selama proses penugasan esai. Fokus analisis mencakup struktur, koherensi, kekayaan kosakata, dan pemikiran kritis. Penilaian dilakukan menggunakan rubrik kuantitatif serta refleksi kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek koherensi dan kosakata, meskipun ditemukan kecenderungan ketergantungan yang mengurangi orisinalitas. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan AI sebagai pendukung pembelajaran yang disertai penguatan instruksi kritis.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN APLIKASI AI GENERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI MAHASISWA: STUDI EKSPLORATIF PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. (2025). Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 2(1), 21-26. https://jurnal.naiwabestscience.my.id/index.php/jumps/article/view/131