INTEGRASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROYEK: STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Keywords:
Literasi Digital, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Berbasis Proyek, Teknologi Pendidikan, Sekolah MenengahAbstract
Penelitian ini mengkaji integrasi literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PBP) di tingkat sekolah menengah pertama. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses, tantangan, dan dampak proyek literasi digital terhadap kemampuan berbahasa dan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif di salah satu kelas VIII SMP Negeri di Indonesia. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi perangkat digital dalam proyek pembelajaran bahasa meningkatkan keterlibatan, kolaborasi, dan kemampuan menulis kreatif siswa. Namun, keterbatasan akses teknologi dan kesiapan guru menjadi tantangan utama. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan literasi digital secara berkelanjutan bagi guru dan siswa.



















