ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MANAJEMEN DIRI MAHASISWA PROFESI NERS DALAM PENCAPAIAN TARGET KOMPETENSI KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH
Keywords:
Kompetens, Keperawatan Medikal Bedah, Manajemen Diri, Mahasiswa Profesi NersAbstract
Manajemen diri mahasiswa profesi ners pada stase keperawatan medikal bedah sebagian besar kurang, sehingga dalam melaksanakan pembelajaran menjadi tidak terstruktur dan tidak terarah. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yangberhubungan dengan manajemen diri peserta didik ners dalam pencapaian kompetensi KMB. Desain penelitian cross sectional, denganvariabel bebas: karakteristik, kepribadian, pengetahuan tentang rancangan pembelajaran, dan variabel terikatnya adalah manajemendiri peserta didik dalam pencapaian kompetensi KMB ners. Subjek penelitian adalah mahasiswa profesi ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal lulusan tahun 2020 dan 2021 sebanyak 61 sampel. Alat penelitian kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan: mahasiswa profesi ners berumur median 24 tahun, umur termuda 22 tahun dan umur tertua 45 tahun. Jenis kelamin mayoritas adalah perempuan (83,6%); sebagian besar berkepribadian tipe B (67,2%), tingkat pengetahuanmahasiswa profesi ners mengenai kompetensi keperawatan medical bedah hampir keseluruhan adalah tinggi (95,1%), dan manajemen diri mahasiswa profesi ners dalam pencapaian kompetensi keperawatan medikal bedah sebagian besar adalah tinggi yaitu 63,9%. Tidak ada perbedaan umur antara kelompok mahasiswa yang memiliki manajemen diri baik dan kurang (p=0,322); tidak ada perbedaan jeniskelamin antara mahasiswa profesi ners yang memiliki manajemen diri baik dan kurang baik (p=0,633); tidak ada perbedaan tipe kepribadian antara mahasiswa profesi ners yang memiliki manajemen diri baik dan kurang baik (p=0,704); dan tidak ada perbedaantingkat pengetahuan antara mahasiswa profesi ners yang menerapkan manajemen diri baik dan kurang baik (p=0,386). Perlu ditelitifaktor lain seperti: motivasi, peran preseptor, yang berkontribusi terhadap manajemen diri mahasiswa.
References
Ahmad, E., Yani, A., & Azidin, Y. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KLINIK. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 5(1), 8–19.
AIPNI. (2015). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.
Asyrofi, A., Arisdiani, T., Hermanto, & Prasetya, H. A. (2018). Panduan Pendidikan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah (L. PH, ed.). Kendal: LPPM Sekoalh Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.
Bintoro, W. (2013). Hubungan self regulated learning dengan kecurangan akademik mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1).
Dwiyogo, W. D. (2015). Analisi kebutuhan pengembangan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning (pbbl) untuk meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 21(1), 71–78.
Fitriah, N. (2014). Manajemen waktu belajar mahasiswa keperawatan dalam melaksanakan metode problem based learning (PBL) di Universitas Islam Negeri
Gunanegara, R. F., Wahid, M. H., & Widyahening, I. S. (2017). Comparison of Studentsâ€TM Characteristics, Self-Motivation, and Readiness of Self-Directed Learning Implementation among Medical Students at Maranatha Christian University. Journal of Medicine and Health, 1(5).
NANDA, D. M. (2019). PERBANDINGAN MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA PENDIDIKAN AKADEMIK DAN PROFESI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH. ETD
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.
Novitarum, L., Barus, M., & Gaol, T. R. L. (2019). HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PARTISIPASI BELAJAR KELOMPOK MAHASISWA PRODI NERS. JURNAL PENELITIAN KEPERAWATAN, 5(1).
Potter, P. A., Perry, A. G., Stockert, P. A., & Hall, A. M. (2013). Fundamentals of Nursing (Eight). St. Louis, Missouri: Mosby, an imprint of Elsevier Inc.
Sanjaya, W., Darmawan, D., & Supriadie, D. (2016). Pengembangan Perangkat Kurikulum dan Rancangan Pembelajaran. PEDAGOGIA, 12(2), 126–135.
Sarjana, S., & Khayati, N. (2017). PENGARUH ETIKA, PERILAKU, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP INTEGRITAS GURU. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. In Reading. Sufiyana, A. Z. (2020). PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA DI KOTA MALANG. Jurnal Tinta, 2(1), 53–65.
Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 118–126.
Us, J. I. (2014). MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2014. ETD Unsyiah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Cendekiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.