KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN UMUM: LOAD FACTOR dan HEADWAY TRANS SARBAGITA KORIDOR TS1 DAN TS2
Keywords:
Transportasi, Trans SarbagitaAbstract
Trans Sarbagita adalah Transportasi Publik yang diciptakan oleh pemerintah untuk digunakan masyarakan melakukan kegiatan ataupun pergerakan agar kemacetan berlalu lintas dapat mengurangi kendaraan pribadi dan menambah transportasi umum di kota Denpasar. Jurnal ini berlatarbelakangi oleh belum optimalnya dalam pengoperasian transportasi angkutan umum bus Trans Sarbagita ditahun 2018 yang dibawah kewenangan Dinas Perhubungan, informasi dan Komunikasi Provinsi Bali. Secara umum penumpang yang sering berlangganan di bus Trans Sarbagita terdiri dari pelajar, pekerja, dan masyarakat umum dengan menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur, dan wawancara secara mendalam. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dimaksudkan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan (berupa data primer dan data sekunder) yang berkaitan dengan penelitian. Diperlukan suatu metode untuk mengetahui keberhasilan kinerja angkutan umum. Melalui analisis indikator indikator tertentu Indikator ini dapat ditentukan dengan dua jenis survei yaitu survei statis dan dinamis. Survei statis dilakukan dengan mencatat selisih waktu antar angkutan (headway) pada setiap trayek. Penelitian ini memberikan informasi jumlah armada yang beroperasi, frekuensi pelayanan dan waktu pelayanan. Sedangkan survei dinamis, sebaliknya, dilakukan dengan cara mengikuti seluruh perjalanan sebanyak tiga angkutan umum pada setiap segmen waktu di setiap rute untuk masing-masing trayek dan untuk mendapatkan load factor dan waktu perjalanan. Indikator kinerja yang diperoleh dari survey ini meliputi jumlah penumpang, waktu perjalanan dan produktivitas ruas/trayek.



















